Apalah Arti Sebuah Nama..???


Nama adalah do’a. tentu berarti.. itu yang aku yakini sampai saat ini. Agenda evaluasi kubro atau evaluasi besar hari sabtu tanggal 19 januari 2013  kemarin sangat berkesan untukku. itu adalah hari pertama launching buku “Diary Tutorial” berlangsung. Tertera dalam antologi cerita dalam buku itu terdapat sebagian pengurus mencantumkan nama “penanya” sebagian yang lain memilih untuk menuliskan nama asli mereka. termasuk didalamnya adalah aku.
“wah nama penanya bagusya.” ujar salah seorang pengurus akhwat yang mengingatkanku akan banyak hal. saat aku mau menuliskan pada kolom yang tertulis .
“Nama Pena. ketika mengisi formulir pendaftaran anggota FLP. ketika aku hendak menulis.. salah satu sahabatku menegur.
“Kiki, nama kamu itu sangat bagus. ga usah dirubah. nama kamu sudah seperti nama pena ko.” ujarnya
sejenak aku berfikir. benar juga. namun tetap saja. setahun dua tahun masih saja aku gemar menggunakan nama pena “Q_Ran As-Syairazi. bukan tak berarti. As-Syairazi adalah nama seorang ulama yang menulis seribu buku. dan aku harap nama beliau yang kusematkan di belakang nama Q_Ran. yakni singkatan dari Kiki Rizqi Nadratushalihah. tentu menjadi do’a bagiku yang ingin banyak menulis buku.
Setelah beberapa lama. kejadian sabtu kemarin mengingatkanku kembali akan hakikat sebuah nama. Intan yang mengambil jurusan pendidikan bahasa indonesia berujar dengan tenang. “Uas kemarin. ketika saya menyerahkan hasil tulisan saya pada salah satu dosen terbaik disana. saya  diberi satu nasihat. beliau berkata “ tak usah susah-susah mengubah namamu. tentu orangtuamu sangat sulit memilih nama terbaik untukmu. yakinlah bahwa namamu adalah gelar terbaik yang telah dianugerahkan oleh kedua orangtuamu.”
deg...!!!
seketika aku tercenung. benar. apa yang telah dikatakan oleh saudaraku itu benar. aku faham akan makna dari namaku ini ketika kelas satu Tsanawiah. ustad muro’i bertanya makna nama kami-masing-masing. dann karena aku tak faham beliau menjelaskan. bahwa nama yang kumiliki sangat bagus. yang berarti rizqi dan pandangan yang baik. semua itu berasal dari bahasa arab.
Benar....sangat benar. bahwa nama adalah do’a..
Do’a yang ummi dan bapak titip untuk anaknya. agar menjadi harapan agung yang diamini seluruh makhluk langit dan bumi.
Dan sejak saat itu...aku sangat bangga dengan namaku. sangat bangga dengan apa yang telah Dia dan kedua orangtuaku karuniakan padaku sampai saat ini. nama inilah yang menjadi pelecut semangat dan harapan tertinggi disetiap prasangka dan larik do’a yang dilangitkan. hingga menjelma menjadi kepingan asa dan keyakinan yang nyata.
terimakasih atas nama terindah ini ummi, bapak, mbah..^^
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Apalah Arti Sebuah Nama..???"

Post a Comment

Copyright 2009 Pelangi Rizqi
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Blogger Templates