Karakteristik Anak

Ada tiga macam karakteristik anak, yaitu: easy child, slow to warm up, dan difficult child.
1.      Anak yang masuk karakteristik  easy merupakan anak yang memiliki keteraturan hidup setiap harinya.  Anak yang easy memiliki jadwal makan, tidur  dan bermain yang pasti.
2.      Anak yang berkarakter slow to warm up merupakan karakteristik yang medium dan berada di tengah antara easy dan difficult. Anak seperti ni memerlukan waktu beberapa saat untuk beradaptasi, atau menerima jenis permainan atau kehadiran orang baru.
3.      Sedangkan anak dengan karakteristik difficult merupakan anak yang sulit beradaptasi, dan sering sekali merasa tidak nyaman dengan keadaan disekelilingnya. 
Faktor terakhir yang berpengaruh terhadap kegiatan bermain dengan anak adalah lingkungan kehidupan. Tingkat sosial dari orang tua si anak, fasilitas yang tersedia dan budaya yang berlaku dalam masyarakat merupakan faktor yang juga berpengaruh.
Ketiga karakter tersebut merupakan karakter dasar (basic character) bayi yang bisa terlihat dari pola tidur, makan, dan kemampuan adaptasi dengan lingkungan baru. Misalnya, pada tipe difficult child sering bermasalah pada pola tidurnya, sering teriak saat menangis, dan menolak bertemu orang lain. Berbeda dengan tipe easy child, anak lebih tenang dan memiliki pola makan serta tidur yang mudah diatur dan mudah beradaptasi dengan siapa pun. Sedangkan, tipe slow to warm, awalnya sulit terdeteksi dini karena merupakan pertengahan dari kedua tipe di atas. Namun tipe ini bisa diamati, misalnya anak mudah tersentak ketika tidur kalau pun menangis tidak meraung-raung.
Selain itu, kepribadian anak juga bisa terlihat dari gayanya mengumpulkan informasi, misalnya tipe mengeksplorasi data serta fakta (sensing) atau tipe mengandalkan intuisi (intuition) yang sering menggunakan kalimat ?rasa-rasanya? atau ?sepertinya?. ?Karakter ini bisa dilihat sedini mungkin, terutama mengenali tipe anak extrovert atau introvert, jika anak tidak terlalu menikmati situasi bersama banyak orang bisa dikatakan anak cenderung introvert.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Karakteristik Anak"

Post a Comment

Copyright 2009 Pelangi Rizqi
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Blogger Templates